Kamis, 28 Februari 2013

RPP Penyusunan Laporan Penelitian


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan  Pendidikan               : SMA -
Mata Pelajaran                      : Sosiologi
Kelas/Semester                      : III/ Genap
Materi Pembelajaran            : Penelitian sosial      
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
           
I.       Standar Kompetensi       : Mempraktekkan Metode Penelitian
II.    Kompetensi dasar           : Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana. 
III. Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk                  :
Menyimpulkan definisi laporan penelitian menurut para ahli
2.      Proses                    :
a.       Mendeskripsikan syarat-syarat laporan penelitian
b.      Menjelaskan manfaat laporan penelitian
c.       Menyusun sistematika laporan penelitian
B.     Psikomotor                 : Siswa mampu mengembangkan  tahap-tahap penyusunan laporan penelitian sesuai dengan kreatifitas sendiri

IV. Afektif
1.      Karakter
a.       Jujur : Siswa  mengerjakan soal-soal dari guru dengan tidak menyontek atau membuka buku saat ulangan berlangsung.
b.      Bertangggung jawab : Siswa mengerjakan tugas secara lengkap tuntas dan dikumpul tepat waktu.
c.       Hati-hati : Siswa harus cermat dalam mengerjakan tugas
d.      Teliti : Siswa harus teliti dalam mengerjakan tugas
2.      Keterampilan Sosial
a.       Bertanya : Siswa mengajukan pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas dengan bahasa yang baik dan sopan.
b.      Menyumbang ide atau berpendapat : Siswa memiliki peran aktif dalam melakukan diskusi dan Tanya jawab yang berhuibungan dengan materi.
c.       Menjadi pendengar yang baik : Siswa memperhatikan materi yang akan dijelaskan serta memperhatikan teman-teman dalam melakukan diskusi.
d.      Berkomunikasi : Siswa mampu berkomunikasi dengan baik dan sopan pada saat proses pembelajaran berlangsung.
V.    Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.      Produk      :
1)        Siswa mampu menyimpulkan laporan penelitian menurut Wadani dan Fx Soedjadi.
2.      Proses:
1)        Siswa mampu mendeskripsikan 5 syarat-syarat laporan penelitian
2)      Siswa mampu menjelaskan manfaat laporan penelitian bagi peneliti.
3)      Siswa mampu menjelaskan manfaat laporan penelitian bagi ilmuan
4)      Siswa mampu menjelaskan manfaat laporan penelitian bagi pengambil kebijakan.
5)      Siswa mampu menjelaskan 5 manfaat laporan penelitian bagi masyarakat luas
6)      Siswa mampu menyusun sistematika laporan penelitian bagian pembuka menurut Arifin
7)       Siswa mampu menyusus sistematika laporan penelitian bagian isi
8)      Siswa mampu menyususn sistematika laporan penelitian bagian penutup
B.     Psikomotor     : Siswa mampu mengembangkan tahap-tahap penyusunan laporan penelitian  yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup sesuai dengan kreatifitas sendiri
C.    Afektif
1.      Karakter:
a.       Siswa mampu bersikap jujur dan penuh tanggung jawab.
b.      Siswa diharapkan mampu melakukan tugas dengan penuh hati-hati dan ketelitian.
2.      Keterampilan Sosial:
a.       Siswa mampu mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi.
b.      Siswa mampu mengajukan ide dan pendapatnya.
c.       Siswa mampu menjadi pendengar  yang baik.
d.      Siswa mampu berkomunikasi dengan baik.


VI. Materi Pembelajaran
1.        Definisi Laporan Penelitian Menurut para ahli
a.      Menurut Wardani, 1997 Laporan penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut.
b.      Definisi laporan menurut F X Soedjadi:
·         Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.
·         Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.
2.      Ada beberapa syarat-syarat dalam menyusun laporan penelitian :
a.       Tidak menggunakan kata yang berulang-ulang
b.      Bahasa sederhana dan baku
c.       Arah dan tujuan penulisan sesuai maksud penelitian
d.      Ada pemisahan antara teori dan hasil
e.       Menghindari bahasa klise dan berbelit-belit
3.      Adapun manfaat laporan penelitian sebagai berikut :
a.      Bagi peneliti
·         Merupakan bukti bahwa peneliti telah menemukan sesuatu.
·         Untuk menunjukkan hasil temuannya agar dikenal oleh banyak pihak (ilmuan, pemerintah serta masyarakat).
·         Membuat hasil penelitian, menjadi lebih bermakna
b.      Bagi ilmuan yaitu dunia ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
Dengan penemuan melalui penelitian, khasanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas. Penambahan ilmu berarti bertambah pula tempat berpijak bagi mereka dalam mengembangkan pengetahuan lebih lanjut.
c.      Bagi pengambil kebijakan, yaitu hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
Informasi yang diperoleh dari penelitian akan bermanfaat bagi penentuan kebijakan sehingga daya dukung kebijakan tersebut cukup kuat karena berupa data actual.
d.      Bagi masyarakat luas, yaitu Dengan adanya informasi dari penelitian ilmiah, kehidupan manusia menjadi lebih sempurna dan semakin mudah. misalnya penemuan-penemuan yang berkaitan dengan teknologi. Contoh : penemuan listrik, telepon dan televisi.
4.      Beberapa penulis (turk & kirkman, 1982, britowidjoyo, 1985: arifin, 1987; indriati,2001), mengemukan bahwa unsur-unsur dari laporan penelitian  adalah:
1)        Judul tulisan
2)       Abstrak
3)      Pendahuluan
4)      Bahan dan metode penelitian
5)      Hasil
6)      Pembahasan
7)       Simpulan dan saran
8)      Daftar pustaka
Namun secara lebih lengkap, laporan penelitian terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu:
1.        Bagian pembuka.
2.      Bagian inti.
3.      Bagian penutup.
1.      BAGIAN PEMBUKA
Menurut arifin (1987), bagian pembuka sebuah laporan penelitian lebih lengkap harus mengandung komponen-komponen berikut ini:
a.      Judul
b.      Halaman judul
c.      Halaman pengesahan
d.      Halaman penerimaan
e.      Kata pengantar
f.        Abstrak
g.      Daftar isi
h.      Daftar table
i.        Daftar grafik, bagan, atau skema.
j.        Daftar singkatan dan lambing.
Judul merupakan pintu atau muka dari sebuah karya ilmiah. Dalam judul karya ilmiah harus menampilkan fakta yang ingin diungkapkan,jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan.
Halaman judul diletakkan sesudah halamaan depan atau cover.pada halaman ini umumnya terdapat judul,penuliis, dan penerbit. Selanjutnya halaman judul diikuti oleh pengesahan.
Kata pengantar dituliskan untuk memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentanng latar belakang konteks penelitian. Pada bagian ini penulis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis baik dalam pelaksanaan penelitian maupun dalam penulisan laporannya.
Abstrak digunakan untuk menyampaikan gambaran singkat mengenai latar belakang, metode, serta temuan hasil penelitian.
2.       BAGIAN INTI
Pada bagian inti seluruh komponen pendahuluan, kajian pustaka dan kerangka teori, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta simpulan dan saran disajikan secara lengkap.
a.       Pendahuluan
Secara umum bagian pendahuluan harus secara lengkap mengumakakan tentang latar belakang, ruang lingkup/pembatasan dan rumusan masalah, tujuan dan pertanyaan penelitian, serta anggapan dasar atau hipotesis.
Dalam latar belakang masalah yang baik harus mengandung tiga hal, yakni:
1)      Penalaahan/pembahasan mengenai literatur maupun hasil penelitian lain yang relevan dengan masalah yang ingin diteliti.
2)      Penjelasan mengapa peneliti menganggap masalah/topik tersebut penting untuk dipelajari.
3)      Manfaat hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan aplikasi dal praktek.
        Rumusan atau formulasi tujuan penelitian dapat beruupa pernyataan atau hipotesis. Hipotesis adalah suatu pernyataan sementara mengenai ada tidaknya hubungan antara 2 atau lebih variable/fenomena yang diteliti.
b.      Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
        Kajian pustaka merupakan bagian penting ysng mengungkapkan teori-teori serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama atau serupa.
        Dalam sebuah laporan penelitian, seperti tesis atau disertasi biasanya disusun suatu kerangka teori berdasarkan hasil analisis atau tujuan pustaka yang telah dilakukan. Kerangka teori merupakan dasar pemikiran yang menerangkan dari sudut mana permasalahan ditinjau yang nantinya dijabarkan menjadi berbagai variable penelitian.
c.       Metodologi Penelitian
      Perbedaan utama antara karya ilmiah dengan bukan karya ilmiah adalah pada motodologi. Pada bagian ini biasanya dijelaskan secara terperinci mengenai pendekatan atau desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan  dan analisis data, serta kelemahan-kelemahan penelitian.
      Uraian mengenai pendekatan atau desain penelitian pada umumnya menjelaskan tentang apakah, misalnya penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif atau kuantitatif, sensus/survey, cross-section atau time-series, eksplorasi atau korelasional, eksperimen murni atau eksperimen buatan, atau pendekatan umum lainnya.
      Populasi menerangkan mengenai kolompok target yang menjadi sasaran dalam generalisasi temuan, sedangkan penjelasan mengenai sampel menjelaskan tentang kelompok wakil populasi yang dijadikan sumber data penelitian.
      Pembahasan tentang metode pengumpulan dan analisis data pada dasarnya merupakan inti dari sebuah tulisan ilmiah. Pada bagian ini penulis harus menyajikan bagaimana data dikumpulkan dari responden/sampel penelitian serta metode analisis.
 Misalnya, apakah data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner/daftar pertanyaan, wawancara atau observasi langsung.
      Hal yang tidak kalah penting lagi dalam bagian metodologi penelitian adalah uraian tentang kelemahan-kelemahan yang membatasi penelitian yang telah dilakukan. Misalnya: keterbatasan jumlah sampel, kemungkinan kontaminasi data (apabila penelitian eksperimental), serta keterbatasan waktu dan dana penelitian.
d.      Hasil dan Pembahasan
      Hasil dan pembahasan merupakan inti dari sebuah laporan penelitian. Pada bagian ini penulis harus menyajikan secara cermat dan jelas mengenai analisis data serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan kerangka teori yang telah dijelaskan sebelumnya.
      Secara umum, bagian ini menekankan tiga hal, yaitu:
1.      Hasil analisis lengkap
2.      Hasil analisis pokok yang berhubungan dengan tujuan dan pernyataan/hipotesis penelitian.
3.      Pembahasan mengenai hasil tersebut dihubungkan dengan teori dan penelitian terdahulu yang di sajikan dalam bagian kajian pustaka dan kerangka teori.
e.       Simpulan dan Saran
        Bagian ini merupakan bagian akhir dalam dari laporan penelitian. Effendi (1991) mengemukakan bahwa simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis dari penelitian yang di lakukan.
        Penulisan simpulan dapat dilakukan dengan menggunakan penomoran (1,2,3,4,5 dan seterusnya) ataupun secara naratif. tapi untuk lebih baiknya, penulisan simpulan dipaparkan dalam bentuk kalimat dan paragraph.
        Setelah simpulan, pada bagian ini juga dipaparkan pula saran-saran yang berkaitan dengan jenis penelitian lanjutan yang dapat dilakukan serta saran-saran lain yang terkait dengan hasil penelitian atau bagaimana mengatasi hambatan-hambatan yang telah dialami ooleh penulis dalam penelitian yang telah dilakukan. 
3.      BAGIAN PENUTUP
Bagian ini tidak kalah penting dalam penulisan sebuah laporan penelitian lengkap adalah bagian penutup. Bagian penutup pada umumnya, terdiri dari:
a)      Daftar pustaka
     Daftar pustaka merupakan komponen wajib yang harus dicantumkan oleh penulis, sedangkan lampiran dan daftar indeks hanya di tulis jika diperlukan.
Pada umumnya, hal-hal yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah:
1.      Nama penulis
2.      Tahun terbit
3.      Judul pustaka
4.      Tempat terbit
5.      Nama penerbit
Pada umumnya urutan daftar pustaka mengacu pada urutan nama belakang secara alpabetikel. Secara terperinci, tata cara penulisan daftar pustaka biasanya mengikuti aturan yang berlaku secara internasional, yaitu standar dari association of American phychology (APA).
Contohnya:
Belawati, T. 2000. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 
                       Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
b)      Lampiran
Lampiran dapat berupa tabel, gambar, peta, bagan, instrument penelitian, seperti kuesioner atau daftar checklist untuk observasi dan bentuk lain yang telah dipaparkan dalam bagian inti laporan.
c)      Daftar indeks atau glosarium.
Indeks adalah daftar kata atau istilah yang terdapat dalam pada laporan. Effendi (1991) mengemukakan bahwa penulisan daftar kata atau indeks harus berkelompok berdasarkan abjad awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan indeks pada umumnya di tujukan agar pembaca cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat dalam laporan tersebut. Penulisan indeks disusun berdasarkan nama atau subjek secara alpabetikal.
VII.          Model dan Metode pembelajaran:
Model pembelajaran:  -
Metode pembelajaran:
                              Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
VIII.       Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber : Aman, Grendy hendrastomo, nur hidayah. 2009. Sosiologi 3. Jakarta: Pusat pembukuan , departemen pendidikan nasional
Janu murdiyatmoko. 2007. Sosiologi memahami dan mengkaji masyarakat. Bandung: grafindo media pratama
Atik catur budiati. 2009. Sosiologi Kontekstual. Jakarta: Pusat departemen pendidikan nasional
Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi 3 Suatu Kajian masyarakat SMA Kelas XII. Jakarta: yudistira
       Media pembelajaran :
·         Power point


IX.             Proses belajar mengajar atau skenario pembelajaran
A.    Pendahuluan (Pertemuan pertama)
Kegiatan
Waktu
1.     Kelas dipersiapkan mulai dari salam pembuka, doa bersama dan absensi.
2.    Guru memaparkan judul materi yang akan diajarkan dan sistematika penilaian kelulusan.
3.    Sebelum PBM di mulai, guru pada awalnya meminta sebagian siswa mengeluarkan pendapatnya masing-masing tentang materi yang akan dibahas.


20 Menit

B.     Inti
Kegiatan
Waktu
1.     Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.    Guru menyajikan materi Laporan penelitian mengunakan metode ceramah.
3.    Untuk mengetahui daya serap siswa, guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang sistematika laporan penelitian
4.    Guru menunjuk beberapa siswa yang duduk paling belakang untuk memaparkan sistematika penyusunan laporan penelitian yang sudah dipaparkan oleh guru dengan menggunakan metode Tanya jawab.
5.    Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.



60 Menit



C.    Penutup
Kegiatan
Waktu
1.     Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
2.    Penyampaian pesan moral.
3.    Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah tentang penyusunan laporan penelitian.
4.    Salam penutup.    

15 menit

X.                Penilaian
1.      Teknik penilaian
·         Tes tertulis
·         Non tes
2.      Bentuk instrument
·         Bentuk instrument tes :   Bentuk pilihan ganda
Bentuk essay
·         Bentuk non tes                        :   Keaktifan kelas
3.      Instrument
Lampiran Instrumen Penilaian
A.    Pilihan ganda
Pilihlah jawaban salah jawaban yang tepat dibawah ini :
1.      Yang merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian, hal ini dinyatakan oleh ?
a.       F X Soedjadi
b.      Krippendoff
c.       Wardani
d.      Patton
e.       Sutopo
2.      Yang bukan merupakan pokok penting dalam menyusun laporan penelitian yaitu:
a.       Tidak menggunakan kata yang berulang-ulang
b.      Menggunakan bahasa-bahasa ilmiah
c.       Arah dan tujuan penulisan sesuai maksud penelitian
d.      Ada pemisahan antara teori dan hasil
e.       Menghindari bahasa klise dan berbelit-belit
3.      Apakah manfaat penelitian bagi pengambil kebijakan?
a.       Dengan adanya informasi dari penelitian ilmiah, kehidupan manusia menjadi lebih sempurna dan semakin mudah.
b.      Dengan penemuan melalui penelitian, khasanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
c.       Untuk menunjukkan hasil temuannya agar dikenal oleh banyak pihak
d.      Membuat hasil penelitian, menjadi lebih bermakna
e.       Hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
4.      Manakah yang termasuk dalam bagian penutup dalam suatu laporan penelitian ?
a.       Daftar indeks atau glosarium
b.      Simpulan dan saran
c.       Abstrak
d.      Metodologi Penelitian
e.       Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
5.      Hal-hal yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah, kecuali :
a.       Nama penulis
b.      Tanggal terbit
c.       Judul pustaka
d.      Tempat terbit
e.       Nama penerbit

B.     Tes tertulis bentuk essay
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat
1.      Jelaskanlah pengertian tentang laporan penelitian menurut Wadani?
2.      Sebutkan pokok penting laporan penelitian?
3.      Jelaskan manfaat laporan penellitian bagi penelitian, ilmuan, pengambil kebijakan, dan masyarakat luas?
4.      Sebutkan sistematika dalam menyusun laporan penelitian?                              

XI.             Kunci jawaban:
Pilihan Ganda
1.      C) Wardani
2.      B) Menggunakan bahasa-bahasa ilmiah
3.      E) Hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
4.      A) Daftar indeks atau glosarium
5.      B) Tanggal tertib
Essay
1.        Definisi Laporan Penelitian Menurut para ahli
Menurut Wardani, 1997 Laporan penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut.
2.      Ada beberapa pokok penting dalam menyususn laporan penilaian :
a.       Tidak menggunakan kata yang berulang-ulang
b.      Bahasa sederhana dan baku
c.       Arah dan tujuan penulisan sesuai maksud penelitian
d.      Ada pemisahan antara teori dan hasil
e.       Menghindari bahasa klise dan berbelit-belit
3.      Adapun manfaat laporan penelitian sebagai berikut :
a.       Bagi peneliti, merupakan bukti nyata bahwa peneliti telah menemiukan sesuatu, agar hasil penelitian  dikenal banyak pihak, dan tentunya membuat enelitian itu berarti.
b.      Bagi ilmuan, yaitu dunia ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
c.       Bagi pengambil kebijakan, yaitu hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
d.      Bagi masyarakat luas, yaitu dengan dihasilkannya penemuan-penemuan baru tentunya kehidupan manusia akan lebih mudah, misalnya penemuan-penemuan yang berkaitan dengan teknologi.
4.      Penulisan artike menggunakan sistematika tanpa angka ataupun abjad. Berikut ini isi artikel penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
a.      BAGIAN PEMBUKA
1)        Judul penelitian
2)      Kata Pengantar
3)      Daftar Isi
4)      Daftar Tabel
5)      Daftar Gambar atau Ilustrasi
b.      BAGIAN ISI
1)        BAB I Pendahuluan
2)      BAB II Kajian Teori/Tinjauan Pustaka
3)      BAB III Metodolog Penelitian
4)      BAB IV HasilPenelitian dan Pembahasan
5)      BAB V Kesimpulan dan Saran
c.      BAGIAN PENUTUP
1)        Daftar Pustaka
2)      Lamiran
XII.          Skor Penilaian
Pilihan Ganda
Butir soal
Skor Maksimal
Skor Perolehan
 No. 1
No. 2
No. 3
No. 4
No. 5
20
20
20
20
20

Jumlah
100


Penentuan Penilaian     :
                        N= Skor Perolehan x 100
                                   Skor Maksimal
Interval Penilaian          :
                        KKM     = 65
                        65 – 75   = C
                        76 – 86   = B
                        87 – 100 = A

Essay
Butir Soal
Skor Maksimal
Skor Perolehan
No. 1
No. 2
No. 3
No. 4
15
20
25
40

Jumlah
100


Penentuan Penilaian     :
                                              N = Skor Perolehan x 100
                                                     Skor Maksimal
Interval Penilaian          :
                        KKM     = 65
                        65 – 75   = C
                        76 – 86   = B
                        87 – 100 = A

Penilaian Karakter       :
No
Aspek yang diamati
Kategori
Keterangan
1.
Jujur
A
B
C
D

2.
Tanggung Jawab
A
B
C
D

3.
Teliti
A
B
C
D

4.
Hati-hati
A
B
C
D


Keterampilan Sosial      :
No
Aspek yang diamati
Kategori
Keterangan

1.
Bertanya
A
B
C
D

2.
Menyampaikan Ide
A
B
C
D

3.
Komunikasi
A
B
C
D

4.
Mendengar
A
B
C
D











XIII.       Daftar Pustaka
Aman, Grendy hendrastomo, nur hidayah. 2009. Sosiologi 3. Jakarta: Pusat pembukuan , departemen pendidikan nasional
Janu murdiyatmoko. 2007. Sosiologi memahami dan mengkaji masyarakat. Bandung: grafindo media pratama
Atik catur budiati. 2009. Sosiologi Kontekstual. Jakarta: Pusat departemen pendidikan nasional
Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi 3 Suatu Kajian masyarakat SMA Kelas XII. Jakarta: yudistira

                                                                                                                   
Makassar,   Desember 2012
Mengetahui,
Dosen Pembimbing                                                                                         Mahasiswa     



Supriadi Torro S.pd, M.pd                                                                              Kartini Kadir
NIP. 19680907 200012 1 001                                                                        NIM. 106704048

1 komentar:

Perusahaan O.D.A.P mengatakan...

BLOG ANDA SANGAT BAGUSSS...
MANFAATKAN BLOG ANDA UNTUK MENGHASILKAN UANG...

DIBUTUHKAN BANYAK KARYAWAN/TI GAJI 15JT/BLN
Add http://www.facebook.com/peluangkerjaonline
1. Penawaran Gaji pokok 2 jt/bln
2. Segala Jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll
3. Kerja Secara Online
4. Per Entry Anda dibayar 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
5. Tugas dpt dikerjakan melalui HP, Warnet, dll (yg trhubung dg internet)
6. Cara Pendaftaran: Kirim Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami dibawah iklan ini, kemudian klik menu "Join Now" & isi form pendaftaran anda, lalu cek email anda utk verifikasi keanggotaan.
http://newkerjaonline2013.blogspot.com/

NB: yang punya blog cantik sekali ^_^

Posting Komentar