RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA -
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : III/ Genap
Materi Pembelajaran : Penelitian sosial
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi : Mempraktekkan
Metode Penelitian
II.
Kompetensi dasar : Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana.
III.
Indikator
A. Kognitif
1.
Produk :
Menyimpulkan
definisi laporan penelitian menurut para ahli
2.
Proses :
a.
Mendeskripsikan syarat-syarat laporan penelitian
b.
Menjelaskan manfaat laporan
penelitian
c.
Menyusun sistematika laporan
penelitian
B. Psikomotor : Siswa mampu
mengembangkan tahap-tahap penyusunan
laporan penelitian sesuai dengan kreatifitas sendiri
IV.
Afektif
1.
Karakter
a.
Jujur : Siswa mengerjakan soal-soal dari guru dengan tidak menyontek
atau membuka buku saat ulangan berlangsung.
b.
Bertangggung jawab : Siswa
mengerjakan tugas secara lengkap tuntas dan dikumpul tepat waktu.
c.
Hati-hati : Siswa harus
cermat dalam mengerjakan tugas
d.
Teliti : Siswa harus teliti
dalam mengerjakan tugas
2.
Keterampilan Sosial
a.
Bertanya : Siswa mengajukan
pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas dengan bahasa yang baik dan sopan.
b.
Menyumbang ide atau
berpendapat : Siswa memiliki peran aktif dalam melakukan diskusi dan Tanya
jawab yang berhuibungan dengan materi.
c.
Menjadi pendengar yang baik :
Siswa memperhatikan materi yang akan dijelaskan serta memperhatikan teman-teman
dalam melakukan diskusi.
d.
Berkomunikasi : Siswa mampu
berkomunikasi dengan baik dan sopan pada saat proses pembelajaran berlangsung.
V.
Tujuan Pembelajaran
A.
Kognitif
1.
Produk :
1)
Siswa mampu menyimpulkan
laporan penelitian menurut Wadani dan Fx Soedjadi.
2.
Proses:
1)
Siswa mampu mendeskripsikan
5 syarat-syarat laporan penelitian
2)
Siswa mampu menjelaskan
manfaat laporan penelitian bagi peneliti.
3)
Siswa mampu menjelaskan
manfaat laporan penelitian bagi ilmuan
4)
Siswa mampu menjelaskan
manfaat laporan penelitian bagi pengambil kebijakan.
5)
Siswa mampu menjelaskan 5 manfaat
laporan penelitian bagi masyarakat luas
6)
Siswa mampu menyusun
sistematika laporan penelitian bagian pembuka menurut Arifin
7)
Siswa mampu menyusus
sistematika laporan penelitian bagian isi
8)
Siswa mampu menyususn
sistematika laporan penelitian bagian penutup
B.
Psikomotor : Siswa mampu mengembangkan tahap-tahap penyusunan laporan
penelitian yaitu bagian pembuka, isi,
dan penutup sesuai dengan kreatifitas sendiri
C. Afektif
1.
Karakter:
a.
Siswa mampu bersikap jujur
dan penuh tanggung jawab.
b.
Siswa diharapkan mampu
melakukan tugas dengan penuh hati-hati dan ketelitian.
2.
Keterampilan Sosial:
a.
Siswa mampu mengajukan pertanyaan
sesuai dengan materi.
b.
Siswa mampu mengajukan ide
dan pendapatnya.
c.
Siswa mampu menjadi
pendengar yang baik.
d.
Siswa mampu berkomunikasi
dengan baik.
VI.
Materi Pembelajaran
1.
Definisi Laporan Penelitian
Menurut para ahli
a.
Menurut Wardani, 1997 Laporan penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi
antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau
yang berkepentingan dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut.
b.
Definisi laporan menurut F X Soedjadi:
·
Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun
pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada
atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility)
yang ada antara mereka.
·
Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada
pihak yang lainnya.
2.
Ada beberapa syarat-syarat dalam
menyusun laporan penelitian :
a.
Tidak menggunakan kata yang
berulang-ulang
b.
Bahasa sederhana dan baku
c.
Arah dan tujuan penulisan
sesuai maksud penelitian
d.
Ada pemisahan antara teori
dan hasil
e.
Menghindari bahasa klise dan
berbelit-belit
3.
Adapun manfaat laporan
penelitian sebagai berikut :
a.
Bagi peneliti
·
Merupakan bukti bahwa
peneliti telah menemukan sesuatu.
·
Untuk menunjukkan hasil
temuannya agar dikenal oleh banyak pihak (ilmuan, pemerintah serta masyarakat).
·
Membuat hasil penelitian,
menjadi lebih bermakna
b.
Bagi ilmuan yaitu dunia ilmu
pengetahuan akan bertambah luas.
Dengan
penemuan melalui penelitian, khasanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
Penambahan ilmu berarti bertambah pula tempat berpijak bagi mereka dalam
mengembangkan pengetahuan lebih lanjut.
c.
Bagi pengambil kebijakan,
yaitu hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat
untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
Informasi yang diperoleh dari penelitian akan
bermanfaat bagi penentuan kebijakan sehingga daya dukung kebijakan tersebut
cukup kuat karena berupa data actual.
d.
Bagi masyarakat luas, yaitu Dengan adanya informasi
dari penelitian ilmiah, kehidupan manusia menjadi lebih sempurna dan semakin
mudah. misalnya penemuan-penemuan yang berkaitan dengan teknologi. Contoh : penemuan
listrik, telepon dan televisi.
4.
Beberapa penulis (turk &
kirkman, 1982, britowidjoyo, 1985: arifin, 1987; indriati,2001), mengemukan
bahwa unsur-unsur dari laporan penelitian adalah:
1)
Judul tulisan
2)
Abstrak
3)
Pendahuluan
4)
Bahan dan metode penelitian
5)
Hasil
6)
Pembahasan
7)
Simpulan dan saran
8)
Daftar pustaka
Namun
secara lebih lengkap, laporan penelitian terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu:
1.
Bagian pembuka.
2.
Bagian inti.
3.
Bagian penutup.
1.
BAGIAN PEMBUKA
Menurut arifin (1987),
bagian pembuka sebuah laporan penelitian lebih lengkap harus mengandung
komponen-komponen berikut ini:
a.
Judul
b.
Halaman judul
c.
Halaman pengesahan
d.
Halaman penerimaan
e.
Kata pengantar
f.
Abstrak
g.
Daftar isi
h.
Daftar table
i.
Daftar grafik, bagan, atau skema.
j.
Daftar singkatan dan lambing.
Judul merupakan pintu atau muka dari sebuah karya
ilmiah. Dalam judul karya ilmiah harus menampilkan fakta yang ingin
diungkapkan,jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci
dari sebuah tulisan.
Halaman judul diletakkan sesudah halamaan depan atau
cover.pada halaman ini umumnya terdapat judul,penuliis, dan penerbit.
Selanjutnya halaman judul diikuti oleh pengesahan.
Kata pengantar dituliskan untuk memberikan gambaran secara
umum kepada pembaca tentanng latar belakang konteks penelitian. Pada bagian ini
penulis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu penulis baik dalam pelaksanaan penelitian maupun dalam penulisan
laporannya.
Abstrak digunakan untuk menyampaikan gambaran singkat
mengenai latar belakang, metode, serta temuan hasil penelitian.
2.
BAGIAN INTI
Pada bagian inti seluruh komponen pendahuluan,
kajian pustaka dan kerangka teori, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan,
serta simpulan dan saran disajikan secara lengkap.
a.
Pendahuluan
Secara umum bagian
pendahuluan harus secara lengkap mengumakakan tentang latar belakang, ruang
lingkup/pembatasan dan rumusan masalah, tujuan dan pertanyaan penelitian, serta
anggapan dasar atau hipotesis.
Dalam latar belakang
masalah yang baik harus mengandung tiga hal, yakni:
1)
Penalaahan/pembahasan mengenai literatur maupun hasil penelitian
lain yang relevan dengan masalah yang ingin diteliti.
2)
Penjelasan mengapa peneliti menganggap masalah/topik tersebut
penting untuk dipelajari.
3)
Manfaat hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan
aplikasi dal praktek.
Rumusan atau formulasi tujuan penelitian dapat beruupa pernyataan atau
hipotesis. Hipotesis adalah suatu pernyataan sementara mengenai ada
tidaknya hubungan antara 2 atau lebih variable/fenomena yang diteliti.
b.
Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
Kajian
pustaka merupakan bagian penting ysng mengungkapkan teori-teori serta
hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama
atau serupa.
Dalam
sebuah laporan penelitian, seperti tesis atau disertasi biasanya disusun suatu
kerangka teori berdasarkan hasil analisis atau tujuan pustaka yang telah
dilakukan. Kerangka teori merupakan dasar pemikiran yang menerangkan dari sudut
mana permasalahan ditinjau yang nantinya dijabarkan menjadi berbagai variable
penelitian.
c.
Metodologi Penelitian
Perbedaan utama antara
karya ilmiah dengan bukan karya ilmiah adalah pada motodologi. Pada bagian ini
biasanya dijelaskan secara terperinci mengenai pendekatan atau desain
penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan dan
analisis data, serta kelemahan-kelemahan penelitian.
Uraian mengenai pendekatan atau desain penelitian pada umumnya menjelaskan
tentang apakah, misalnya penelitian yang dilakukan merupakan penelitian
kualitatif atau kuantitatif, sensus/survey, cross-section atau time-series,
eksplorasi atau korelasional, eksperimen murni atau eksperimen buatan, atau
pendekatan umum lainnya.
Populasi menerangkan mengenai kolompok target yang menjadi sasaran dalam
generalisasi temuan, sedangkan penjelasan mengenai sampel menjelaskan tentang
kelompok wakil populasi yang dijadikan sumber data penelitian.
Pembahasan tentang metode pengumpulan dan analisis data pada dasarnya merupakan
inti dari sebuah tulisan ilmiah. Pada bagian ini penulis harus menyajikan
bagaimana data dikumpulkan dari responden/sampel penelitian serta metode
analisis.
Misalnya, apakah
data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner/daftar pertanyaan, wawancara atau
observasi langsung.
Hal yang tidak kalah penting lagi dalam bagian metodologi penelitian adalah
uraian tentang kelemahan-kelemahan yang membatasi penelitian yang telah
dilakukan. Misalnya: keterbatasan jumlah sampel, kemungkinan kontaminasi data
(apabila penelitian eksperimental), serta keterbatasan waktu dan dana
penelitian.
d.
Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan
merupakan inti dari sebuah laporan penelitian.
Pada bagian ini penulis harus menyajikan secara cermat dan jelas
mengenai analisis data serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan
kerangka teori yang telah dijelaskan sebelumnya.
Secara umum, bagian ini menekankan tiga hal, yaitu:
1. Hasil analisis lengkap
2. Hasil analisis pokok yang
berhubungan dengan tujuan dan pernyataan/hipotesis penelitian.
3. Pembahasan mengenai
hasil tersebut dihubungkan dengan teori dan penelitian terdahulu yang di
sajikan dalam bagian kajian pustaka dan kerangka teori.
e.
Simpulan dan Saran
Bagian ini merupakan bagian akhir dalam dari laporan penelitian. Effendi (1991)
mengemukakan bahwa simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan
relevansinya dengan hipotesis dari penelitian yang di lakukan.
Penulisan
simpulan dapat dilakukan dengan menggunakan penomoran (1,2,3,4,5 dan
seterusnya) ataupun secara naratif. tapi untuk lebih baiknya, penulisan
simpulan dipaparkan dalam bentuk kalimat dan paragraph.
Setelah simpulan, pada
bagian ini juga dipaparkan pula saran-saran yang berkaitan dengan jenis
penelitian lanjutan yang dapat dilakukan serta saran-saran lain yang terkait
dengan hasil penelitian atau bagaimana mengatasi hambatan-hambatan yang telah
dialami ooleh penulis dalam penelitian yang telah dilakukan.
3.
BAGIAN PENUTUP
Bagian ini tidak kalah penting dalam penulisan
sebuah laporan penelitian lengkap adalah bagian penutup. Bagian penutup pada
umumnya, terdiri dari:
a)
Daftar pustaka
Daftar pustaka
merupakan komponen wajib yang harus dicantumkan oleh penulis, sedangkan
lampiran dan daftar indeks hanya di tulis jika diperlukan.
Pada umumnya, hal-hal yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka
adalah:
1. Nama penulis
2. Tahun terbit
3. Judul pustaka
4. Tempat terbit
5. Nama penerbit
Pada umumnya urutan
daftar pustaka mengacu pada urutan nama belakang secara alpabetikel. Secara
terperinci, tata cara penulisan daftar pustaka biasanya mengikuti aturan yang
berlaku secara internasional, yaitu standar dari association of American
phychology (APA).
Contohnya:
Belawati, T. 2000. Prinsip-Prinsip
Pengelolaan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.
Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
b)
Lampiran
Lampiran dapat berupa
tabel, gambar, peta, bagan, instrument penelitian, seperti kuesioner atau daftar
checklist untuk observasi dan bentuk lain yang telah dipaparkan dalam bagian
inti laporan.
c)
Daftar indeks atau glosarium.
Indeks adalah daftar
kata atau istilah yang terdapat dalam pada laporan. Effendi (1991) mengemukakan
bahwa penulisan daftar kata atau indeks harus berkelompok berdasarkan abjad
awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan indeks pada umumnya di
tujukan agar pembaca cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat
dalam laporan tersebut. Penulisan indeks disusun berdasarkan nama atau subjek
secara alpabetikal.
VII.
Model dan Metode pembelajaran:
Model pembelajaran: -
Metode pembelajaran:
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
VIII. Sumber dan Media
Pembelajaran
Sumber : Aman,
Grendy hendrastomo, nur hidayah. 2009. Sosiologi
3. Jakarta: Pusat pembukuan , departemen pendidikan nasional
Janu murdiyatmoko. 2007. Sosiologi
memahami dan mengkaji masyarakat. Bandung: grafindo media pratama
Atik catur budiati. 2009. Sosiologi
Kontekstual. Jakarta: Pusat departemen pendidikan nasional
Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi
3 Suatu Kajian masyarakat SMA Kelas XII. Jakarta: yudistira
Media pembelajaran :
·
Power point
IX.
Proses belajar mengajar atau skenario pembelajaran
A.
Pendahuluan (Pertemuan pertama)
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Kelas dipersiapkan mulai dari salam pembuka, doa bersama
dan absensi.
2.
Guru memaparkan judul materi yang akan diajarkan dan
sistematika penilaian kelulusan.
3.
Sebelum PBM di mulai, guru pada awalnya meminta sebagian
siswa mengeluarkan pendapatnya masing-masing tentang materi yang akan
dibahas.
|
20 Menit
|
B.
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai.
2.
Guru menyajikan
materi Laporan penelitian mengunakan metode ceramah.
3.
Untuk mengetahui daya
serap siswa, guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang sistematika laporan
penelitian
4.
Guru menunjuk
beberapa siswa yang duduk paling belakang untuk memaparkan sistematika penyusunan
laporan penelitian yang sudah dipaparkan oleh guru dengan menggunakan metode
Tanya jawab.
5.
Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
|
60 Menit
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Penyampaian pesan
moral.
3.
Guru menyuruh siswa
untuk mengerjakan pekerjaan rumah tentang penyusunan laporan penelitian.
4.
Salam penutup.
|
15 menit
|
X.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
·
Tes tertulis
·
Non tes
2.
Bentuk instrument
·
Bentuk instrument tes :
Bentuk pilihan ganda
Bentuk essay
·
Bentuk non tes : Keaktifan kelas
3.
Instrument
Lampiran Instrumen Penilaian
A. Pilihan ganda
Pilihlah jawaban salah
jawaban yang tepat dibawah ini :
1.
Yang merupakan suatu media
atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca
yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian, hal ini dinyatakan
oleh ?
a.
F X Soedjadi
b.
Krippendoff
c.
Wardani
d.
Patton
e.
Sutopo
2.
Yang bukan merupakan pokok
penting dalam menyusun laporan penelitian yaitu:
a.
Tidak menggunakan kata yang
berulang-ulang
b.
Menggunakan bahasa-bahasa ilmiah
c.
Arah dan tujuan penulisan
sesuai maksud penelitian
d.
Ada pemisahan antara teori
dan hasil
e.
Menghindari bahasa klise dan
berbelit-belit
3.
Apakah manfaat penelitian
bagi pengambil kebijakan?
a.
Dengan adanya informasi dari penelitian ilmiah, kehidupan manusia
menjadi lebih sempurna dan semakin mudah.
b.
Dengan penemuan melalui
penelitian, khasanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
c.
Untuk menunjukkan hasil
temuannya agar dikenal oleh banyak pihak
d.
Membuat hasil penelitian,
menjadi lebih bermakna
e.
Hasil penelitian tentunya akan
memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena
informasinya actual.
4.
Manakah yang termasuk dalam bagian penutup dalam suatu
laporan penelitian ?
a.
Daftar indeks atau glosarium
b.
Simpulan dan saran
c.
Abstrak
d.
Metodologi Penelitian
e.
Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
5.
Hal-hal yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah,
kecuali :
a.
Nama penulis
b.
Tanggal terbit
c.
Judul pustaka
d.
Tempat terbit
e.
Nama penerbit
B. Tes tertulis bentuk essay
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat
1.
Jelaskanlah pengertian
tentang laporan penelitian menurut Wadani?
2.
Sebutkan pokok penting
laporan penelitian?
3.
Jelaskan manfaat laporan
penellitian bagi penelitian, ilmuan, pengambil kebijakan, dan masyarakat luas?
4.
Sebutkan sistematika dalam
menyusun laporan penelitian?
XI.
Kunci jawaban:
Pilihan Ganda
1. C) Wardani
2.
B) Menggunakan bahasa-bahasa ilmiah
3.
E) Hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang
sangat bermanfaat untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
4.
A) Daftar indeks atau glosarium
5.
B) Tanggal tertib
Essay
1.
Definisi Laporan Penelitian
Menurut para ahli
Menurut Wardani, 1997 Laporan
penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan
masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan
dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut.
2. Ada beberapa pokok penting dalam menyususn laporan penilaian :
a.
Tidak menggunakan kata yang
berulang-ulang
b.
Bahasa sederhana dan baku
c.
Arah dan tujuan penulisan
sesuai maksud penelitian
d.
Ada pemisahan antara teori
dan hasil
e.
Menghindari bahasa klise dan
berbelit-belit
3.
Adapun manfaat laporan
penelitian sebagai berikut :
a.
Bagi peneliti, merupakan
bukti nyata bahwa peneliti telah menemiukan sesuatu, agar hasil penelitian dikenal banyak pihak, dan tentunya membuat
enelitian itu berarti.
b.
Bagi ilmuan, yaitu dunia
ilmu pengetahuan akan bertambah luas.
c.
Bagi pengambil kebijakan,
yaitu hasil penelitian tentunya akan memberikan masukan yang sangat bermanfaat
untuk membuat suatu kebijakan karena informasinya actual.
d.
Bagi masyarakat luas, yaitu
dengan dihasilkannya penemuan-penemuan baru tentunya kehidupan manusia akan
lebih mudah, misalnya penemuan-penemuan yang berkaitan dengan teknologi.
4. Penulisan artike menggunakan sistematika tanpa angka ataupun
abjad. Berikut ini isi artikel penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
a.
BAGIAN PEMBUKA
1)
Judul penelitian
2)
Kata Pengantar
3)
Daftar Isi
4)
Daftar Tabel
5)
Daftar Gambar atau Ilustrasi
b.
BAGIAN ISI
1)
BAB I Pendahuluan
2)
BAB II Kajian Teori/Tinjauan
Pustaka
3)
BAB III Metodolog Penelitian
4)
BAB IV HasilPenelitian dan
Pembahasan
5)
BAB V Kesimpulan dan Saran
c.
BAGIAN PENUTUP
1)
Daftar Pustaka
2)
Lamiran
XII.
Skor Penilaian
Pilihan Ganda
Butir soal
|
Skor Maksimal
|
Skor
Perolehan
|
No. 1
No. 2
No. 3
No. 4
No. 5
|
20
20
20
20
20
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Penentuan Penilaian :
N= Skor Perolehan x 100
Skor
Maksimal
Interval Penilaian :
KKM = 65
65 – 75 = C
76 – 86 = B
87 – 100 = A
Essay
Butir Soal
|
Skor Maksimal
|
Skor
Perolehan
|
No. 1
No. 2
No. 3
No. 4
|
15
20
25
40
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Penentuan
Penilaian :
N = Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Interval Penilaian :
KKM = 65
65 – 75 = C
76 – 86 = B
87 – 100 = A
Penilaian Karakter :
No
|
Aspek yang
diamati
|
Kategori
|
Keterangan
|
|||
1.
|
Jujur
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
3.
|
Teliti
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
4.
|
Hati-hati
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
Keterampilan Sosial :
No
|
Aspek yang diamati
|
Kategori
|
Keterangan
|
|||||
1.
|
Bertanya
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
2.
|
Menyampaikan Ide
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
3.
|
Komunikasi
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
4.
|
Mendengar
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
XIII.
Daftar Pustaka
Aman, Grendy hendrastomo, nur hidayah. 2009. Sosiologi 3. Jakarta: Pusat pembukuan , departemen pendidikan
nasional
Janu murdiyatmoko. 2007. Sosiologi
memahami dan mengkaji masyarakat. Bandung: grafindo media pratama
Atik catur budiati. 2009. Sosiologi
Kontekstual. Jakarta: Pusat departemen pendidikan nasional
Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi
3 Suatu Kajian masyarakat SMA Kelas XII. Jakarta: yudistira
Makassar, Desember 2012
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Supriadi Torro S.pd, M.pd Kartini Kadir
NIP. 19680907 200012 1 001 NIM. 106704048
1 komentar:
BLOG ANDA SANGAT BAGUSSS...
MANFAATKAN BLOG ANDA UNTUK MENGHASILKAN UANG...
DIBUTUHKAN BANYAK KARYAWAN/TI GAJI 15JT/BLN
Add http://www.facebook.com/peluangkerjaonline
1. Penawaran Gaji pokok 2 jt/bln
2. Segala Jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll
3. Kerja Secara Online
4. Per Entry Anda dibayar 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
5. Tugas dpt dikerjakan melalui HP, Warnet, dll (yg trhubung dg internet)
6. Cara Pendaftaran: Kirim Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami dibawah iklan ini, kemudian klik menu "Join Now" & isi form pendaftaran anda, lalu cek email anda utk verifikasi keanggotaan.
http://newkerjaonline2013.blogspot.com/
NB: yang punya blog cantik sekali ^_^
Posting Komentar